Sunday, June 28, 2020

Putri Buruh Serabutan, Alumni Bidikmisi Jadi Wisudawan Sarjana Terbaik Universitas Lampung Tahun 2020

0

Bismillahirrohmanirrohim.
Izinkan saya memperkenalkan diri. Saya Yulina Winda Rahma, putri sulung dari Darwin Abdullah seorang buruh serabutan dan Ida Muharlena ibu rumah tangga biasa dari Baturaja, Sumatra Selatan. Pada tanggal 24 Juni 2020 yang lalu saya melaksanakan wisuda daring pertama di GSG Universitas Lampung tanpa orang tua dan adik-adik saya karena mereka di kampung halaman, Baturaja. Alhamdulillah, atas rida Allah Swt. melalui para perantara-Nya saya berhasil menyelesaikan studi saya menjadi seorang sarjana muda di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,84 predikat Pujian masa studi 3,42 tahun sekaligus Wisudawati Terbaik 1 Universitas Lampung Periode IV Tahun 2020.

Bidikmisi telah memberikan sayap-sayap kehidupan bagi orang miskin seperti saya dan keluarga untuk terbang menempuh pendidikan tinggi. Tahun 2020 telah menjadi sejarah bagi seorang putri buruh serabutan yang menjadi Wisudawati Terbaik 1 Universitas Lampung Periode IV Tahun 2020. Tepat satu dekade Bidikmisi hadir, saya persembahkan prestasi ini sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada bangsa Indonesia yang telah memberikan kesempatan mengenyam pendidikan tinggi melalui kehadiran Bidikmisi. Terima kasih kepada Prof. M. Nuh Mendikbud RI penggagas Bidikmisi bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Terima kasih kepada almamater tercinta Universitas Lampung telah menerima dan mendidik saya menjadi sarjana unggul dan berprestasi. Terima kasih Indonesia, tanah tumpah darahku. Mutiara yang terpendam telah lahir menjadi generasi emas Indonesia.

Saya harap meski dalam keterbatasan ekonomi, saya tetap dapat segera melanjutkan pendidikan ke jenjang magister. Hal ini karena meski telah tersedia jalur LPDP Afirmasi Alumni Bidikmisi dan sebagainya. Tetap saja perlu biaya pribadi untuk mempersiapkan persyaratannya.  Sementara itu, adik saya ada tiga orang, yakni SMA dua orang dan SD satu orang. Di tahun ini satu adik saya sedang membutuhkan biaya untuk daftar ulang SMA di saat yang bersamaan dengan saya yang baru saja diwisuda. Sementara orang tua tidak memiliki penghasilan yang jelas. Tidak jarang untuk makan sehari-hari sangat sulit. Oleh karena itu, sejak kuliah semester dua saya telah paruh waktu untuk kuliah sambil bekerja sekaligus mewujudkan impian saya yang ingin mendedikasikan diri dalam bidang pendidikan. Pagi hingga sore waktu untuk kuliah dan organisasi, sore hingga malam waktu untuk bekerja dengan mengajar bimbel atau privat. Aktivitas itu terus saya jalani hingga menjadi sarjana. Bahkan saya telah honorer di salah satu sekolah swasta di kota Bandarlampung hingga sekarang pasca-wisuda sejak sebelum ujian komprehensif dilaksanakan. Semoga ada bantuan bagi saya sebagai jalan untuk melangkah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Terima kasih Bidikmisi. Salam Bidikmisi! Salam Prestasi! Bidikmisi! Kami Bangkit untuk Negeri!
Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment