Sunday, June 14, 2020

Bergeraklah. Siapapun kamu, kamu akan menjadi apapun jika tekadmu ada.

1

Bismilahirahmanirahim. Perkenalkan nama saya Hafit Nuroswandi seorang anak buruh tani desa yang mempunyai sebuah mimpi untuk bisa merasakan manis pahitnya kursi di perguruan tinggi negeri. Mimpi yang terdengar besar di telinga para pekerja sawahan, mimpi yang membuat kinerja pikiran bekerja dua kali lipat dari biasanya dalam memperhitungkan biaya, dan mimpi yang sangat hebat ketika pulang membawa segudang manfaat, serta mimpi yang begitu tidak mungkin tergapai oleh kalangan anak yang penghasilan  kedua orang tuanya hanya cukup untuk mengisi perut keluarganya.
Namun itu semua tidak memadamkan tekad saya untuk menitih tiap jalan dalam membangun mimpi saya tersebut, saya terus bergerak, bergerak mencari jalan, mencari apa-apa yang bisa saya jadikan dasar dalam menggapai mimpi. Di mulai dari hal kecil, seperti belajar mengahagai waktu, tidak melewatkan kesempatan, dan berdoa serta bertawakal kepada Tuhan atas maksud baik yang kita tunjukan.
Kita tidak akan pernah tahu rencana Tuhan 5 menit setelah ini, yang saya tahu, saya harus bergerak menuju 5 menit tersebut, sebab jika hanya diam menunggu, batu yang keras pun akan melepuh seiring berjalannya waktu. Dan waktu tidak akan pernah bisa memilah kepada siapa dia akan berpihak, yang dia tahu dia akan berpihak kepada orang-orang yang senantiasa bergerak seiring perubahan yang tercipta.
Dan alhamdulilah saya sekarang bisa menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Barat yaitu Universitas Siliwangi  jurusan Pendidikan Matematika 2019. Saya bisa masuk di Universitas Siliwangi tidak dengan perjuangan yang mudah, banyak masalah dan hambatan yang saya hadapai selama proses tersebut, banyak keringat dan senyum Orang Tua yang saya pinjam untuk mengikuti test masuk perguruan tinggi.
Perjuangan saya dimulai dari persiapan untuk mengikuti SNMPTN yang pupus karena sekolah kurang mempersiapkan databes pendaftaran yang dikira sangatlah mepet dengan batas waktu pendaftaran sehingga server LTMPT pun eror dan data sekolah kami tidak masuk,  karena sekolah tidak bisa mengikuti SNMPTN tersebut, maka pihak sekolah menyuruh kami untuk mengikuti SPAN PTKIN yang jelas pada nilai raport kami hanya ada satu nilai agama, dan hasilnya semua tidak ada yang diterima.
Selain tentang itu, kesulitan dalam mendaftar menjadi calon penerima bidikmisi pun sedikit dipersulit oleh guru BK, dan saya tidak mengandalkan hal itu, saya langsung menemui guru yang khusus dan bisa dalam hal mengurus administrasi sekolah, berkas-berkas yang saya punya pun saya serahkan kepada Beliau dan Alhamdulilah Beliau bisa mengusahakan nomor pendaftran dari sekolah sekaligus membimbing saya dalam melaukan pendaftaran sampai selesai.
Pengurusan berkas-berkas pendaftaran calon penerima bidikmisi pun selesai, saya memberanikan diri ikut test UTBK pada jalur masuk SBMPTN. Saya memiliki 2  nilai UTBK namun rezeki saya beleum disana. Saya tak ingin terlalu lama meratapi kegagalan itu, selanjutnya saya mencoba mengikuti test kedinasan STMKG di BKN Yogyakarta selama 3 hari, dan hasilnya sama, saya kurang 3 poin pada test kepribadian.
Saya mulai khawatir pada tahun pertama kelulusan saya antara melanjutkan Pendidikan atau bekerja. selang waktu 2 bulan setelah dari Yogyakarta, saya memutuskan untuk mempersiapkan diri saya pada dunia kerja dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang perlu di siapkan seperti SKCK dan NPWP. Saya mulai merenung apakah mimpi saya harus sampai sini, dan apakah mimpi kedua orang tua saya pun perlu dikorbankan, semua begitu dilemma, saya tak ingin diam menerima itu semua. Saya mulai bangkit dan belajar kembali serta memutuskan untuk bergerak, saya mulai mencari informasi  jalur masuk mandiri kepada kakak kelas yang sudah berkuliah, dan saya memutuskan untuk ikut test ujian mandiri di Universitas Siliwangi.  Dan rencana Tuhan sangat indah, pada jalur masuk terakhir yaitu tes Mandiri yang saya ikuti, Alhamdulilah saya bisa lolos dengan status penerima bidikmisi.
Dengan menerima beasiswa bidikmisi ini, ada secercah cahaya yang menerangi mimpi saya untuk menajdi orang yang bermanfaat, ada gurat senyum orang tua yang bangga akan putranya, dan ada asa yang bisa dibagikan kepada orang lain dalam hal berjuang. Semua itu seakan membuat fantasi dunia saya berwarna.
Saya bersyukur dan tak pernah menyesal melakukan semua itu, baik kesusahan ataupun kegagalan yang saya alami. Semuanya dapat dijalani jika kita bergerak. Dan berhasil bukan pada cepat atau lambatnya, tetapi pada gerak itu sendiri. Gerak itu menandakan bahwa kita itu hidup. Ada gerak berarti ada kehidupan. Karena itu kita harus menggerakan tangan dan kakinya. Gerak tanpa tekad akan berhenti di tengah jalan, tekad tanpa tujuan seperti kayu yang mengambang di tengah lautan. Maka antara gerak, tekad, dan tujuan haruslah selaras dalam menitih mimpi yang kita inginkan,jangan takut untuk bermimpi, sebab karena mimpilah dunia sekarang dan dunia yang akan datang ada.

“Jangan berhenti bergerak, seseorang yang hebat tak tercipta dengan kemudahan.”


Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete