Thursday, May 14, 2020

Usahakan dan do'akan mimpimu kepada-Nya, InsyaAllah akan diberikan jalan dari-Nya

1

Assalamu'alaikum.
Hallo, namaku Lisa Rosamina salah satu mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. Sekarang kuliah semester 2 di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Program Studi Pendidikan Matematika. Sedikit cerita, aku tinggal di Desa Wotbakah, Kec. Japah, Kab. Blora, Provinsi Jawa Tengah. Aku tinggal bersama Ibu dan Bapak tiriku. Sejak usiaku 3 tahun orang tuaku berpisah dan kini bisa bertemu bapak kandung setahun sekali. Akulah anak satu-satunya dari orang tuaku, menjadi anak tunggal bukan berarti manja dan semua keinginanku dipenuhi orang tua. Orang tua pasti tau mana yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi anaknya.
Aku sadar menjadi anak petani sekaligus buruh tani penghasilannya tidaklah seberapa dan itupun tidak menentu hasil panennya. Namun, aku mempunyai cita-cita sejak dari kecil. Aku ingin menjadi guru sekaligus penulis, alasannya ingin berkarya dan bermanfaat bagi orang lain dan tentunya ingin memajukan pendidikan di daerahku. Bisa dibilang di desaku jarang yang mementingkan pendidikan, bahkan di tahunku ini aku satu-satunya dari desaku yang melanjutkan ke perguruan tinggi.  Mungkin masyarakat di desaku masih mempunyai pikiran bahwa kuliah itu mahal dan teman-temanku juga kurang dorongan semangat dari lingkungan sekitar. Hal ini juga terjadi padaku, awalnya sempet tidak mendapat dukungan orang tua untuk kuliah. Ibu bilang bahwa, ia tidak sanggup membiayai kuliah.
Dari masyarakat sekitarku juga banyak yang berkata, "Anak perempuan sekolah tinggi-tinggi buat apa?". Ibuku juga sering diejek, "Ah masak dia bisa nguliahin anaknya?". Namun, aku terus meyakinkan ibu untuk tetap meridhoi aku kuliah. InsyaAllah jika mau berusaha dan berdoa akan mendapat jalan dari-Nya. Inilah beasiswa Bidikmisi jalanku dari-Nya. Alhamdulillah Allah selalu memberikan jalan kepadaku. Aku mendengar kata "BIDIKMISI" awalnya sejak kelas IX, waktu itu juga ada perbedaan keinginan antara aku dan Ibu. Ibu meminta aku melanjutkan di SMK, sedangkan aku ingin ke SMA. Alhamdulillah dengan segala usaha dan doaku serta dorongan Bapak dan Ibu guru SMP N 1 Japah, aku diizinkan Ibu untuk melanjutkan ke SMA N 1 Blora. Jarak kurang lebih 15 km harus kutempuh setiap hari selama 3 tahun sekolah di sini.
Selama SMA ini juga banyak sekali bantuan yang kuterima, dari mulai pembelian seragam (dibayar oleh saudara salah satu TU SMP N 1 Japah), pembayaran SPI dan SPP selama 2 semester (dibayar oleh salah satu Guru SMP N 1 Japah), keringanan SPP dan bantuan dari SMA N 1 Blora sendiri sebagai kepedulian terhadap siswa tidak mampu, dan akupun sering mendapat uang saku dan hadiah lomba baik dari sekolah maupun pihak Kabupaten Blora. Kini, kuliah aku juga mendapat keberuntungan dengan adanya beasiswa Bidikmisi.
Dengan Bidikmisi kuliahku gratis dan setiap bulan masih mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000,00. Bidikmisi inilah bukti nyata kepedulian pemerintah terhadap pendidikan orang kurang mampu seperti aku. Semoga ini tidak berhenti padaku saja, namun juga bisa bermanfaat bagi adik-adik di seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi namun terkendala biaya. Semangat selalu! Wassalamu'alaikum.
"Usahakan dan do'akan mimpimu kepada-Nya, InsyaAllah akan diberikan jalan dari-Nya"
Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete