Friday, May 8, 2020

Putri Kab. Lima Puluh Kota Anak Sopir Angkutan Umum, tinggal di Tanah Kontrakan

0

Assalammualaikum wr.wb
        Perkenalkan saya Melia Putri berasal dari Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Saya mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas Negeri Padang Sumatera Barat, dengan Program studi pendidikan kesejahteraan keluarga, konsenterasi pendidikan tata boga, saya mulai menempuh pendidikan Sarjana mulai tahun 2019. Ayah saya seorang sopir angkutan umum, sedangkan ibu saya adalah ibu rumah tangga, saya anak bungsu dari 3 sebelumnya saudara saya. Hidup kami dirumah saat ini bukan milik sendiri, namun tanah yang kami tempati adalah tanah kontrakan kepada keponakan kakek saya. Sebab, ayah saya adalah orang perantau yang sudah lahir di kab. Lima puluh kota, asalnya yaitu Pesisir Selatan, sedangkan ibu saya orang Kab. Lima Puluh Kota, namun berbeda daerah dari tempat tinggal kami.
       
Saya tidak pernah menyangka, bahwa saya akan merasakan pendidikan di perguruan tinggi. Dahulu saya berharap dan berdoa agar saya dapat kuliah. Namun, saya menyadari bahwa kehidupan orang tua saya untuk membiayai apabila saya kuliah tidak mungkin. Untuk kebutuhan sehari-hari saja, ayah saya mesti mencari penumpang dulu, mulai dari subuh, hingga jam 6 sore paling lama. Itupun kalau penumpang ada, karena angkot via jurusan tersebut banyak. Bahkan, terkadang untuk membayar kebutuhan saya masih SMK pun, orang tua saya pernah meminjam uang kepada tetangga.

      Saya alumni SMK Negeri 3 Payakumbuh, pada saat pendaftaran SNMPTN, saya ikut pendaftaran, dan mengajukan sebagai penerima Bidikmisi. Saya optimis kalau saya akan lulus beasiswa bidikmisi beserta Snmptn. Namun, disisi lain saya juga pesimis apabila tidak lulus. Karena harapan saya kuliah satu-satunya beasiswa. Hanya saja saya selalu berharap dan berdoa.
       Ternyata, memang benar, saya diberi kesempatan dan alhamdulillah lulus. Semula pada waktu smk saya berfikir tidak mungkin bisa kuliah, karena keadaan kondisi keluarga. Namun, ternyata saya mendapat kepercayaan dari Allah swt. Dan diberi kesempatan mendapatkan beasiswa bidikmisi disalah satu perguruan tinggi di Sumatera Barat.

Saya memberikan pesan, bahwa selalu optimislah, tidak ada yang tidak mungkin apabila kita berusaha dan berdoa.
Sekian dari saya, Wassalammualaikum wr.wb



Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment