Thursday, May 14, 2020

Perjuanganku

1

PERJUANGANKU (“Tidak pernah mendapat rangking 10 besar Pendidikan Dasar dan Menengah, Saat SMP Pernah hampir terlibat Kenakalan Remaja atau Tawuran, Ujian Nasional jelek saat di SMK serta tidak punya sama sekali prestasi apapun saat jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah”)
(Ravyansah mahasiswa semester 6 di Universitas Negeri Jakarta)
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh
Salam sejahtera teman-teman Netizen/Warganet, Om Swastyastu, Shalom, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.
Saya lahir di Banyuwangi, tanggal 2 Mei 1999 bertepatan dengan hari pendidikan nasional. Saya menempuh sekolah pertama kali di Kota Denpasar karena orangtua saya bekerja disana. Tahun 2007 saya pindah ke Banyuwangi untuk menempuh sekolah di SDN 1 Karangsari. Tahun 2008, Saya pindah ke Jakarta karena orangtua ingin kerja disana mungkin di Jakarta lebih mudah untuk mencari nafkah. Dengan singkat, Saya sekolah di SDN 07 Cempaka Putih Barat, Alhamdulillah saya mendapat Ujian Nasional bagus alhasil saya daftar sekolah di SMPN 2 Jakarta Pusat dengan status SSN (Sekolah Standar Nasional). Saya disekolah tersebut kadang bikin masalah entah kabur mata pelajaran, tidak disiplin dan juga tidur di perpustakaan. Saya juga kadang ikut tawuran pokoknya saya ambul radul dan tidak jelas mau ngapain tujuan sekolah, males pokoknya sampai sampai orangtua terutama ibu saya selalu sedih karena perilaku saya seperti anak nakal. Oleh karena itu, saya mendapat cobaan akademik yakni Ujian Nasional saya tidak memuaskan, Saya mendaftar sekolah negeri tidak diterima. orangtua saya sedih dan menangis anaknya tidak mendapat sekolah negeri. Saya pun juga begitu. 
Oleh karena itu, Orangtua saya mendaftarkan Sekolah Swasta yang ada di Jakarta yakni Sekolah Menengah Kejurusan Swasta Al-Washliyah dengan jurusan akuntansi. Saya berada di sekolah tersebut bagaikan penjara, kenapa? Karena saya dipaksakan sekolah disitu dengan jurusan akuntansi, saya tidak suka jurusan itu, ya mungkin karena terpaksa, tetapi tetap saya jalankan karena pasti ada hikmahnya. Hikmahnya yaitu saya alhamdulillah diamanahkan ikut lomba ekonomi karena saya memahami dan menguasai pelajaran ekonomi apalagi soal teori-teori ekonomi. Saya lomba ekonomi di Universitas Trisakti walaupun hanya 30 besar kalau tidak salah. Tapi gapapa ini langkah awal saya untuk bermotivasi untuk menempuh ke jenjang perguruan tinggi. Saya ikut serta lomba mulai awal kelas 11 dan juga belajar materi SBMPTN Soshum juga kelas 11. Saya rajin belajar dan juga diimbangi beribadah/berdoa dan juga orangtua mendukung, awalnya orangtua saya tidak yakin karena saya hanya lulusan SMK dan juga kaitan impian saya yakni kuliah di perguruan tinggi dengan beasiswa bidikmisi karena orangtua saya bapak seorang buruh lepas dan ibu saya pedagang makanan kering (peyek). Dengan singkat melihat website pengumuman SBMPTN, saya diterima di kampus jakarta yakni Universitas Negeri Jakarta dengan status mahasiswa penerima bidikmisi. Alhamdulillah saya senang sekali dan bangga anak yang dulunya kadang tawuran, tidak pernah mendapat prestasi serta peringkat 10 besar disekolah alhamdulillah diterima dengan beasiswa bidikmisi di UNJ (tidak gapyear) jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karena saya menyukai dunia pendidikan dan politik. Jujur, saya tidak pernah mendapat rangking 10 besar Pendidikan Dasar dan Menengah, Ujian Nasional saya jelek saat di SMK serta tidak punya sama sekali prestasi apapun. Dengan demikian, saya saat ini mengikuti kegiatan organisasi kampus yakni  Badan Eksekutif Mahasiswa departemen sosial politik serta saat ini departemen pendidikan penelitian karena saya suka dan mengkritisi kebijakan-kebijakan pendidikan dan juga suka dengan melakukan pengabdian masyarakat datang ke sekolah-sekolah terpencil untuk melakukan pengajaran disana serta juga tanggal lahir saya 2 Mei (tepat Hari Pendidikan Nasional). Banyak yang mengatakan saya aktivis kampus/pendidikan, tetapi saya tersenyum saja hehe. Dengan demikian, itulah cerita inspiratif untuk saya sebagai mahasiswa bidikmisi. Sebenarnya masih banyak cerita lagi mungkin bisa saya jadikan sebagai buku, tapi masih menunggu waktu lagi karena banyak yang saya ingin perjuangkan. Terima kasih.
Wassamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Om Santi Santi Santi Om, Shalom, Namo Buddaya, Rahayu.

 
Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete