Sunday, March 1, 2020

Cara pendaftaran dan pengisian data KIP KULIAH 2020

38


Halaman Login siswa
Pengisian Data KIP KULIAH
1.      Biodata
Tampilan biodata
Silahkan isi data sesuai dengan identitas dan jangan sampai ada yang salah yah…
2.      Data Keluarga
Klik perbaharui data keluarga

a. Data untuk ayah
  • Nomor KKNomor Kartu Keluarga
  • NIK Kepala Keluarga - NIK Kepala keluarga yang ada di KK
  • Nama Ayah/Wali - Nama lengkap ayah
  • Status Ayah/Wali - Status ayah
  • Hubungan dengan ayah - Kandung/tiri
  • Pendidikan Ayah - Pendidikan terakhir ayah
  • Pekerjaan Ayah - Pekerjaan sekarang dilakukan, jika susah sesuaikan dengan pekerjaan di KTP/KK
  • Detail Ayah -  Keterangan mengenai pekerjaan Ayah seperti profesi, tempat bekerja, berapa lama sudah bekerja, jadwal kerjanya, kondisi kesehatan dan kondisi karir/profesinya.

b. Data untuk ibu
  • Nama Ibu Nama lengkap ibu
  • Status ibu - Status ibu
  • Hubungan dengan ibu - Kandung/tiri
  • Pendidikan ibu - Pendidikan terakhir ibu
  • Pekerjaan ibu - Pekerjaan sekarang dilakukan, jika susah sesuaikan dengan pekerjaan di KTP/KK
  • Detil ibu - Keterangan mengenai pekerjaan Ibu seperti profesi, tempat bekerja, berapa lama sudah bekerja, jadwal kerjanya, kondisi kesehatan dan kondisi karir/profesinya.
  • Jumlah Tanggungan - Jumlah orang yang ditanggung keluarga, tidak termasuk ayah/ibu sendiri.
  • No.telp ortu - Mengisi nomor telpon orang tua (Kosongi jika tidak ada).
3.      Ekonomi



klik perbaharui ekonomi

·         Pekerjaan Ayah/Wali. Isi dengan pekerjaan yang sedang ditekuni Ayah saat ini
·         Penghasilan Ayah. Pilih pilihan yang sesuai dengan rata-rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ayah / Wali dalam 4 bulan terkahir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-
·         Pekerjaan Ibu. Isi dengan pekerjaan yang sedang ditekuni Ibu saat ini. Penghasilan Ibu. Untuk penghasilan ibu silahkan adik-adik pilih pilihan yang sesuai dengan rata rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ibu dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-'
·         Total Hutang Kepada Pihak Lain. Jika orang tua memiliki hutang kepada pihak lain maka silahkan isikan berapa totalnya. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
·         Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan. Isi dengan Cicilan hutang yang dibayarkan per bulan. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
·         Total Piutang Kepada Pihak Lain. Isi dengan jumlah piutang kepada pihak lain. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
·         Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan. Isi dengan jumlah cicilan piutang dibayar per bulan. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
·         Tabungan Keluarga. Isi dengan Tabungan Keluarga Bentuk Kas / Giro atau setara kas lainnya

4.      Rumah

1.Kepemilikan
Kepemilikan rumah yang ditempati keluarga sekarang. Misalnya kepemilikan sendiri

2.Tahun Perolehan
Mengisi tahun perolehan dari rumah tinggal. Contohnya kepemilikan tahun 2018

3.Sumber Listrik
Memilih pilihan yang sesuai dengan sumber listrik dari rumah. Misalnya 900 watt

4.Daya Listrik
Memilih daya listrik yang digunakan. Hanya diisi jika sumber listrik PLN

5.Luas Tanah
Memilih pilihan yang sesuai dengan luas tanah rumah tinggal. Contoh: Pilih pilihan <25 25="" br="" jika="" luas="" luasan="" m2.="" m2="" mempunyai="" rumah="" tanah="" tinggal="">
6.NJOP/Meter
Mengisi besaran NJOP berdasarkan dokumen resmi. Isikan 0 apabila tidak ada
dokumen tersebut. Contoh: 105000 (tanpa tanda titik atau koma).

7.Luas Bangunan
Memilih pilihan yang sesuai dengan luas bangunan. Contoh: Pilih pilihan <25 25="" br="" jika="" luasan="" m2.="" m2="" memiliki="" rumah="">
8.Bahan Atap
Memilih jenis atap yang paling banyak digunakan rumah tinggal. Misalnya seng

9.Bahan Lantai
Memilih jenis lantai yang paling banyak digunakan rumah tinggal. Misalnya keramik

10.Bahan Tembok
Memilih jenis tembok yang paling banyak digunakan rumah tinggal. Misalnya seng

11.Mandi Cuci Kakus
Memilih pilihan yang sesuai dengan fasilitas mandi cuci kakus di rumah. Misalnya didalam rumah

12.Sumber Air Utama
Memilih jenis sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh rumah tinggal. Misalnya PDAM

13.Jarak dari pusat kota
Mengisi jarak rumah tinggal dari pusat kabupaten / kota dalam satuan kilometer. Misalnya 13 KM

14.Jumlah orang tinggal
Jumlah orang yang tinggal dirumah termasuk ayah dan ibu. Misalnya 8 orang

5.      Aset
Aset
Apabila keluarga siswa memiliki aset, maka gunakan menu ini untuk mengisi setiap aset yang dimiliki.Pada halaman Form Aset, terdapat beberapa isian yang perlu diisi siswa guna menambah data aset keluarga siswa, diantaranya adalah:

1.Nama Barang/Aset
Diisi dengan nama barang/aset. Contoh: Sepeda motor, Handphone.

2.Merk/Tipe
Diisi dengan merk / tipe / jenis barang. Contoh: Samsung Galaxy S.

3.Jenis Barang
Pilih jenis barang yang sesuai dengan barang yang disebutkan.

4.Tahun Perolehan
Tahun saat barang diperoleh. Misalnya 2019

5.Metode Perolehan
Metode / cara perolehan barang. Misalnya tunai

6.Kondisi Barang/Aset
Kondisi barang / aset saat ini. Misalnya rusak

7.Harga Beli
Harga ketika membeli barang

8.Estimasi Nilai Barang Saat Ini
Estimasi / perkiraan harga barang ketika dijual

6.      Prestasi

  Nama Kegiatan : isikan nama kegiatan acara tersenggelara. Misalnya Lomba kompetensi Siswa se-Madiun Raya, Lomba LKTI Nasional Hari Pangan Nasional, OSN, dll.
  Jenis Kegiatan : pilih individual (Jika lomba dilakukan secara individu seperti olimpiade sains) dan pilih kelompok/tim (jika lomba bersifat tim).
  Tingkat : Tingkat lomba minimal kabupaten atau kota.
  Tahun perolehan : kapan kalian mendapatkan kejuaran tersebut (bisa 5 tahun terakhir sepertinya).
  Pencapaian : isi pencapaian yang diraih. Misalnya : Juara 1 LKTI ...., Best Presenter Lomba Esai, dll). Jika sebagai peserta saja silakan diisi sebagai peserta dan pilih pencapaian "lainnya".
  Unggah sertifikat : silakan unggah sertfikat dalam format gambar maks. 300KB

7.      Rencana

1.Rencana Tinggal
Memilih pilihan yang sesuai dengan rencana tempat tinggal saudara. Contoh : pilih kotak Bersama Keluarga/Kenalan jika akan tinggal bersama keluarga di lokasi pendidikan.

2.Dukungan Keluarga
Dukungan keluarga untuk biaya transport pertama.

3.Transportasi Asal
Transportasi dari tempat tinggal asal ke Perguruan Tinggi pilihan utama.

4.Transportasi Harian
Rencana transporasi harian di PT pilihan utama.

5.Biaya Transportasi
Estimasi biaya Transportasi 1 kali dari tempat tinggal ke PT pilihan utama. Contoh:25000.

8.      Seleksi
Menu seleksi akan muncul jika menyelesaikan semua data pendaftaran.
Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

38 comments:

  1. Kalau tidak mempunyai prestasi bagaimana?

    ReplyDelete
  2. Kak nik saya yang di akun kipk beda dengan yang di kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mengajukan ganti NIK di bagian help pojok kanan bawah sambil memberikan bukti bahwa NIK di pendaftaran KIP-K dengan NIK di KK ataupun KTP berbeda.

      Delete
    2. Maaf kak, jadi di jumlah tanggungan orang tua itu, misalnya yg ditanggung ada 4 orang. Kita narohnya dengan angka dalam hal ini seperti 4 orang?

      Delete
  3. Kak saya lulusan 2019, tapi nisn saya dibilang tidak aktiv disekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa hubungi pihak TU,ataupun melalui web referensi NISN , Saya lulusan 2018 dan membetulkan NISN sendiri

      Delete
  4. Saya mau nanya, kan saya sudah daftar SNMPTN dengan kartu keluarga asli kemudian saya mau daftar KIP kuliah tapi di kartu keluarga kakak saya, apa boleh? Soalnya sudah terdaftar di kartu keluarga tersebut. Lagian KIP membutuhkan foto bersama keluarga dan ortu saya jauh, Tolong infonya, saya sangat ingin kuliah dapet KIP 🙏🙏.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bgmna kk sdah dpat solusi nya ? Sya jga masalahnya bgitu kk

      Delete
  5. Saya mau nanya, kan saya sudah daftar SNMPTN dengan kartu keluarga asli kemudian saya mau daftar KIP kuliah tapi di kartu keluarga kakak saya, apa boleh? Soalnya sudah terdaftar di kartu keluarga tersebut. Lagian KIP membutuhkan foto bersama keluarga dan ortu saya jauh, Tolong infonya, saya sangat ingin kuliah dapet KIP 🙏🙏.

    ReplyDelete
  6. Kak saya mau bertanya tentang penghasilan orang tua itu digabung sama wali atau tidak? Terus penghasilan orang tua yang ditulis memang harus 4 bulan terakhir?

    ReplyDelete
  7. Kak saya mau bertanya ini kok yang seleksi gmna cara nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. Kak, saya mau nanya. Orang tua saya jauh, saya iku mbah, di kk juga ikut mbah, ayah saya sudah meninggal. Jadi yang kerja cuma ibu saya. Dikolom penghasilan ayah kosong atau gimana?

    ReplyDelete
  9. Untuk masalah NJOP itu gimana? Harga per meter?

    ReplyDelete
  10. Kak ijin tanya,kan ada seleksi ltmpt.waktunya sudah lewat kak,gimana cara masukinnya??

    mohonn sarannya kak

    ReplyDelete
  11. kak, kalau tidak punya serifikat bagaimana?

    Terus apa juara kelas juga bisa diisi pada kolom prestasi?
    mohon bantuannya kak.

    ReplyDelete
  12. Kak saya mau nanya, jika gak tau njop nya gimana?? Soalnya keluarga saya tinggal di rumah sewa bulanan (kontrakan)

    ReplyDelete
  13. Mau masukin KIP + nomer kks mencetnya kok susah ya, cuma mau ngisi ga bisa

    ReplyDelete
  14. Kak mengapa di pilihan pengisian tidak ada ekonomi, rumah dan aset ya?

    ReplyDelete
  15. Kak kalo prestasinya ngk diisi gimana? Soalnya saya pernah menang tapi ngk ada sertifikatnya

    ReplyDelete
  16. kak kok gak bisa diedit/perbarui data?

    ReplyDelete
  17. Kalau gak punya prestasi gimana ya?

    ReplyDelete
  18. Kalo yang ikut berfoto itu, yang di dalam KK saja apa semua yg tinggal serumah. Makasih

    ReplyDelete
  19. Ini ko ga bisa di perbarui data knpa pdhl Uda di isi dan ada bintang merahnya tolong ka bantuannya terima kasi

    ReplyDelete
  20. kak sayya bingung yang di maksud seleski , sedangkan waktu saya daftar sbmptn saya belum dftar kip,. bagaimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga bingung nya dsitu, padahal aku udah mahasiswa semester 3 . Tolong tanggapan nya min

      Delete
    2. sama saya jg ingin bertanya seperti ini, apa km udh ketemu solusinya??

      Delete
    3. Kendala sama mari diskusi open via wa.me/62895711140207

      Delete
  21. Kak izin bertanya...setelah kita menyelesaikan pengisian berkas sampai tahap seleksi,tahap selanjutnya apa ya?? Karna di status akun saya ada tulisan "belum terdata DTKS"

    Artinya bagaimana ya?? Apakah saya tidak bisa melanjutkan pendaftaran??

    ReplyDelete
  22. Kak, untuk kolom aset apa cuma diisi 1 atau bisa diisi lebih dari 2/3?

    ReplyDelete
  23. Kak, saya mau tanya. Say baru mendapat email tentang kip kuliah dan baru bisa mendaftar sekarang tapi saya sudah lolos sbmptn, lalu di bagian seleksi saya harus mengisikan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin sama saya juga seperti itu ingin buat kip k sekarang tapi jalur penseleksian sudah hangus/ tutup.
      Mohon solusinya jikalau ada yg paham.....

      Delete
  24. kak mau tanya dari pihak pts yang saya masuki menyuruh melengkapi data akun kip bagi yang ingin mengurus tapi di bagian seleksi nama pt yang saya masuki tidak muncul itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  25. Kartu pemajakan tahunan saya hilang apa bisa nmer NJOP dijadikan 0?

    ReplyDelete