Saturday, December 15, 2018

Perjalanan Menjadi Mahasiswa Penerima Bidikmisi

0
Perjalanan Menjadi
Mahasiswa Penerima Bidikmisi
Pada tahun 2014 saya merupakan salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMK) Negeri 1 Sumedang, saya mengambil jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Awalnya saya tidak tertarik dengan kuliah karena saya anak SMK jadi yang saya pikirkan adalah bagaimana caranya bisa bekerja di PLN dan bekerja di Jepang itulah target saya bersekolah di SMK, sehingga saya bersekolah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika di akhir masa sekolah saya ditawari untuk berkuliah oleh pihak sekolah, akan tetapi saya menolaknya karena saya ingin bekerja dan kalaupun kuliah saya sadar orang tua saya tidak akan menyetujuinya karena biaya kuliah yang cukup mahal apalagi diperguruan tinggi negeri. Oleh sebab itu saya menolaknya karena melihat keadaan ekonomi keluarga saya yang tidak memungkinkan tersebut.
Terkait hal tersebut pihak sekolah memanggil saya untuk menghadap ruangan Bimbingan Penyuluhan (BP) lalu menjelaskan kepada saya betapa pentingnya kuliah dan memberikan masukan kepada saya bahwa kuliah pun ada beasiswanya salah satunya beasiswa Bidikmisi. Setelah saya mendengarkan penjelasan dari pihak BP saya pun menurutinya, saya mengumpulkan berkas-berkas yang harus dikumpulkan untuk persyaratan kuliah tersebut dan alhamdulillah untuk masalah berkas-berkas saya diuruskan sama pihak BP karena waktu itu saya belum ahli dalam komputer. Dan hal yang paling saya ingat pada saat pendaftaran SNMPTN yaitu pada saat saya akan mengupload video ke borang portofolio karena saya memilih jurusan Olahraga sehingga saya harus menguploadnya. Pada hari itu merupakan hari terakhir pendaftaran SNMPTN dan saya pun langsung pergi ke Warnet untuk menguploadnya tetapi pada saat di Warnet saya mendapatkan kendala karena videonya tidak bisa di upload saya pun menunggu loading yang terjadi pada saat di upload sampai saya ketiduran dari abis magrib sampai isya demi mengupload video tersebut sampai saya dibangunkan oleh penjaga warnetnya ternyata waktunya sudah akan habis dan saya pun bangun dan melihat video yang saya upload masih tetap tidak bisa, sehingga saya pun berpasrah kepada Allah SWT mungkin ini bukan jalan saya dengan pikiran positif, lalu saya pun pulang kesekolah setelah dari warnet itu, kenapa saya pulang kesekolah karena saya merupakan penunggu sekolah yang diam di mesjid sekolah, karena saya merupakan salah satu DKM yang ada disekolah tersebut. Saya pun pulang ke mesjid, ketika saya mau masuk ke mesjid saya bertemu dengan seorang pegawai sekolah dari jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang baru saja selesai solat. Dan saya pun ditanya olehnya percakapan pun terjadi.

Pegawai TKJ : dari mana kos ?
Saya : dari warnet pak mau upload video buat persyaratan SNMPTN, tapi gak bisa terus pak sambil saya merasa sedih.
Pegawai TKJ : oh upload video boleh bapak bantu ?
Saya : saya pun merasa bahagia karena pegwai TKJ tersebut mau membantu saya. Saya pun merasa senang di dalam hati dan saya merasa ini rejeki anak mesjid pikir saya. Saya pun langsung memberikan video yang akan di upload.
Pegawai TKJ : oke siap tandasnya.
Saya pun melihat proses penguploadan video tersebut dan ternyata tidak lebih dari 5 menit pun selesai dan saya mengucapkan terimakasih seraya berkata alhamdulillah. Saya pun bertanya kenapa saya tidak bisa menguploadnya ternyata file yang di upload tidak sesuai dengan ketentuan yang ditentukan Panitia SNMPTN, maklum waktu itu saya tidak terlalu mengerti mengenai komputer. Saya pun langsung pulang ke mesjid dan beristirahat. Dan esok harinya saya pergi ke BP untuk memberikan informasi bahwa saya sudah menguploadnya dan saya pun diberi instruksi untuk menunggu pengumuman kelulusannya sekitar 3 bulanan. 3 bulan kemudian dibukalah pengumuman SNMPTN, waktu itu tepat setelah saya shalat dzuhur disalah satu mesjid yang ada di Sumedang saya membuka pengumuman informasi tersebut melalui Handphone yang saya miliki dan setelah saya buka saya merasa bahagia sekali dan bersujud syukur karena saya lolos seleksi SNMPTN dan saya pun langsung bergegas pulang memberitahu kedua orang tua saya dan mereka pun merasa bahagia dn bangga. Setelah saya dinyatakan lolos SNMPTN saya pun langsung mengikuti instruksi yang disampaikan pihak Universitas untuk melakukan tahapan-tahapan agar lolos Bidikmisi , saya pun mengikutinya samapai dengan selesai dan saya pun alhamdulillah lolos juga verifikasi bidikmisinya dan saya pun tinggal menunggu waktu kuliah. Saya mengambil jurusan PGSD Pendidikan Jasmani Univesrsitas Pendidikan Indonesia Kampus UPI di Sumedang. 
AKTIFITAS / PRESTASI SELAMA MASA KULIAH HINGGA MENDAPAT GELAR SARJANA.
Saya pun masuk kuliah pertama di kampus yang saya pilih. Waktu itu saya ingat ketika pertama kuliah, kuliahnya mata kuliah anatomi manusia dan saya pun agak melongo karena yang biasanya pelajaran Fisika, Kimia, Matematika dan kelistrikan sekarang pelajaran tentang anatomi tubuh manusia yang waktu SMK pun saya tidak pernah belajar sma sekali. Tetapi karena itu keharusan saya pun mengikutinya sebisa mungkin dan ternyata ada kelebihan yang dimiliki saya sebagai anak SMK dimana pada waktu itu tugasnya online terus sehingga sehingga saya bergegas mengerjakan tugas-tugas tersebut karena hal yang berkaitan dengan online saya sudah belajar dari SMK dan walaupun saya kurang memahami materiya tetapi saya paling tercepat saat mengupload tugas online nilai saya selalu terbesar dari sartu angkata dan pada akhir semester pun mata kuliah anatomi manusia ini nilai saya paling tinggi berkat rejei anak SMK . Saya pun mengikuti organisasi kampus dan kuliah dengan sungguh-sungguh. Untuk dalam bidang akademik saya alhamdulillah pernah berpartisipasi dalam seleksi Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas, dan alhamdulillah IPK saya cumlaude 3.86 merupakan IPK tertinggi dari jurusan saya, itulah kerja keras saya yang saya berikan sebagi pembuktian bahwa mahasiswa Bidikmisi bisa menjadi yang terbaik di kampus. Dan dalam bidang organisasi saya pun aktif dalam memajukan kegiatan kampus dan bidikmisi. Di bawah ini merupakan organisasi yang saya ikuti selama saya berkuliah di kampus. 
1. Ketua Lingkar Bidik Misi UPI Kampus Sumedang periode 2017 – 2018
2. Kepala Departemen HRD (Human Resource Departemen) Lingkar Bidik Misi UPI Kampus Sumedang periode 2016 – 2017
3. Sekretaris UKM GARJAMARA periode 2016 - 2017
4. Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Program Tutorial UPI Kampus Sumedang  periode 2015 - 2016 

PROSES MENDAPATKAN PEKERJAAN /AKIFITAS SETELAH SARJANA.
Dalam proses mendapatkan pekerjaan alhamdulillah saya mendapatkannya dengan lancar. Ketika itu pada pertengahan bulan juli 2018 saya sidang Skripsi. Pada saat penyusunan Skripsi saya sudah mencari lowongan-lowongan kerja sebagi guru dan saya memasukan satu lamaran ke salah satu sekolah swasta yang ada di daerah Kabupaten Bandung Barat. Sambil menunggu informasi pemanggilan saya pun menegrjakan Skripsi saja untuk persiapan sidang akhir. Waktu pun berjalan saya ada pemanggilan untuk melaksanakan tes dan wawancara dri sekolah itu saya pun mendatangi sekolah tersebut untuk melakukan tes. Setelah saya melakukan tes saya kembali lagi ke Sumedang karena saya belum sidang. Sidang pun tiba pada pelaksanaanya dan saya pun mengikuti sidang dengan lancar. Setelah saya beres sidang, waktu itu saya beres sidang setelah magrib saya mendapatkan informasi dari pihak sekolah yang saya lamar bahwa saya diterima di sekolah tersebut. Dan malamnya setelah sidang pun saya langsung bergegas pergi ke Padalarang Kabupaten Bandung Barat dan esok harinya saya mulai bekerja. Jadi tidak ada waktu untuk beristirahat setelah kuliah 4 tahun tersebut, tetapi saya bersyukur kepada allah SWT karena telah memberikan kelancaran yang sangat luar biasa pada saat pencarian kerja. Dan sampai sekarang saya bekerja di Yayasan Bina Ananda Global Nusantra sebagi Guru Penjas SD , Guru Prakarya SMP, Pembina OSIS SMP, Pembina Pramuka SMP dan Pembina Eskul Futsal SD. 
TITIK KESUKSESAN YANG TELAH DIRASAKAN /SUDAH MENJADI APA(S2,S3).
Untuk kesuksesan yang telah saya rasakan sekarang adalah saya bisa membahagiakan orang tua saya karena melihat anaknya tidak sulit untuk mencari kerja dan saya sudah menjadi guru di Yayasan Bina Ananda Global Nusantra sebagi Guru Penjas SD , Guru Prakarya SMP, Pembina OSIS SMP, Pembina Pramuka SMP dan Pembina Eskul Futsal SD. Sembari mencari informasi-informasi untuk mengikuti beasiswa s2 karena saya ingin melanjutkan kuliah S2.

Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment