Friday, December 7, 2018

Nurul Syahriana Bermimpi Menjadi Seorang Penulis dan Menjadi Pengusaha

0
Nurul Syahriana Bermimpi 
Menjadi Seorang Penulis dan Menjadi Pengusaha
Nama saya adalah Nurul Syahriana, berdomisili di kota Amuntai, penerima bidikmisi di Universitas Terbuka Banjarmasin Fakultas Ekonomi, program studi S1 Akuntansi. Awal perjalanan saya sebagai penerima bidikmisi adalah ketika Universitas Terbuka Banjarmasin membuka pendaftaran penerima bidikmisi tahun 2014 silam. Tentu saya sangat bahagia dengan adanya program bidikmisi yang membantu siswa yang kurang mampu seperti saya untuk melanjutkan pendidikan. Saya menjadi optimis untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi yang selama ini saya idam-idamkan. Saya dinyatakan lulus dan berhasil menerima bidikmisi setelah melalui tahap tes yang diadakan.
Awalnya memang berat bagi keluarga saya untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi tersebut karena diharuskan untuk belajar dan tinggal di jantung kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin. Tetapi karena tekad saya kuat untuk belajar dan menuntut ilmu, akhirnya keluarga mengijinkan. Saya begitu senang, karena di sana saya berkenalan dengan teman-teman daerah lain, dimana saya dapat berbagi dan menambah pengetahuan akan aneka ragam bahasa dan budaya yang ada di Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

Selama menjalani kuliah, banyak perubahan pada diri saya. Saya lebih dapat berhemat dan bertahan hidup di perantauan. Tidak seperti waktu sekolah yang hanya memikirkan jajan saja, disini saya lebih mendewasa, berkomitmen untuk dapat mencukupi keperluan saya selama uang yang diberikan pemerintah belum keluar. Sebagai mahasiswa bidikmisi saya juga harus mencukupi IP per semester diatas 3,00 dan mengorbankan waktu yang kurang penting untuk tetap berhadir saat kuliah berlangsung karena absensi yang dipantau ketat, jika tidak ingin beasiswa terancam dicabut. Hal tersebut membuat saya lebih bisa konsisten dalam tujuan awal untuk mencapai cita-cita. Selama saya kuliah, semaksimal mungkin saya harus dapat berhadir untuk menimba ilmu dan menambah wawasan saya, agar kelak saya dapat berkontribusi di dunia kerja dengan skill yang saya punya.
Banyak pendapat yang menurut saya memupuskan harapan anak untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Salah satunya seperti pendapat “wanita yang sejatinya hanya akan menjadi ibu rumah tangga dan tugasnya adalah melayani suami dan anak-anak”. Saya kurang setuju dengan pendapat tersebut. Banyak wanita yang menjadi owner perusahaan terkenal dan dapat bekerja kompeten tanpa melalaikan tugasnya terhadap keluarga. Ketika masih kecil saya bermimpi menjadi seorang penulis dan mendirikan suatu usaha. Saya tidak tidur untuk melanjutkan mimpi itu, tetapi saya bangun untuk mewujudkan mimpi. Walau sekarang saya hanya aktif dengan kegiatan menulis. Saya yakin mimpi yang saya pupuk akan berbuah manis seiring usaha dan do’a masih diikhtiarkan.
Titik kesuksesan yang saya rasakan sekarang adalah saya dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu dan mendapat nilai IP yang bagus serta saya dapat merubah diri saya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika saya mampu merubah kehidupan dalam diri saya terlebih dahulu, maka saya yakin juga akan mampu merubah kehidupan keluarga, teman-teman, sahabat, orang-orang yang saya sayang menjadi lebih baik dan tidak menutup kemungkinan negara ini, Indonesia tercinta, untuk saya ikut serta dalam memajukan pendidikan, mengurangi angka kemiskinan dan menumbuhkan semangat dalam mencapai cita-cita dengan memotivasi semua, agar tidak menjadikan kemiskinan sebagai penghalang untuk mencapai cita-cita. 

Identitas Penulis:
Nama : Nurul Syahriana
NIM : 022106433
Universitas : Universitas Terbuka Banjarmasin
Contak Person : 081937164321. Email: nurulsyahriana96@gmail.com
Domisili : Amuntai, Kalimantan Selatan



Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment