Friday, December 7, 2018

Anak Penjahit Sulam Tradisional Bisa Kuliah Berkat Bidikmisi

0
Anak Penjahit Sulam Tradisional 
Bisa Kuliah Berkat Bidikmisi
Nama saya Nurul Ikhsanti, anak pertama dari lima bersaudara. Ayah bekerja sebagai petani, sedangkan ibu harus ikut membantu perekonomian keluarga dengan bekerja sebagai penjahit sulam tradisional. Pada awalnya, dengan kondisi keuangan keluarga yang pas-pasan dan adik-adik yang masih berada di usia sekolah membuat saya merasa mustahil dapat mengenyam bangku perkuliahan. Namun keterbatasan tersebut tidak menghalangi saya untuk menggapai cita-cita karena adanya bantuan dari pemerintah melalui program Bidikmisi serta kesempatan lulus SBMPTN di Universitas Andalas program studi Ekonomi Pembangunan.
Program beasiswa Bidikmisi ini membuat saya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saya memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Di luar jam perkuliahan, saya menyibukkan diri dengan organisasi yaitu LKEI. Selain itu, saya juga aktif  berbagi ilmu sebagai asisten dosen. Bagi saya bisa mendapatkan gelar sarjana dalam waktu 3 tahun 2 bulan, merupakan sebuah kesuksesan. Prestasi terbesar saya adalah dapat membanggakan orangtua dengan menjadi lulusan terbaik Fakultas Ekonomi pada wisuda IV Universitas Andalas tahun 2016, prediket cumlaude dengan IPK 3,89. Sebuah perjuangan yang membuahkan hasil, namun ini bukanlah akhir dari perjuangan.
Setelah menyelesaikan S1 saya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister agar dapat meraih cita-cita sebagai dosen. Namun cita-cita saya tertunda setelah gagal pada seleksi Beasiswa Unggulan dan LPDP pada tahun 2017. Tidak ada kata menyerah. Selain melamar beasiswa, saya juga melamar beberapa pekerjaan. Selama tahun 2017 saya pernah bekerja di BTPN Syariah, tutor di Bimbingan Belajar dan verfikator di KPU. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan pada pekerjaan tersebut. 
Saat ini saya bekerja sebagai Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial.  Bekerja sebagai pendamping sosial PKH merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya karena ikut berperan aktif mendampingi masyarakat penerima bantuan PKH agar dapat merubah pola pikir mereka dan keluar dari jerat kemiskinan. Selain itu, saya tetap berjuang mencapai cita-cita untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang magister. Alhamdulillah, saya dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa LPDP 2018 pada Program Magister Perencanaan Pembangunan di Universitas Andalas.  Perjalanan ini masih panjang dan masih banyak cita-cita yang ingin saya raih. 


Nama : Nurul Ikhsanti
NIM : 1310541019
Universitas : Universitas Andalas
Email : nurulikhsanti@gmail.com
No HP : 082268371210
Domisili : Jorong Penago Nagari Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat
Pekerjaan : Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH)


Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment