Tuesday, December 11, 2018

Allah Berikan Aku Kesempatan Untuk Kuliah Melalui BIDIKMISI

0
Allah Berikan Aku Kesempatan
Untuk Kuliah Melalui BIDIKMISI

Nama saya Ikhsan Teguh Hardianto, alumni Universitas Andalas (Padang) Jurusan Sistem Komputer angkatan 2014 dan juga penerima Bidikmisi. Alhamdulillah saya sudah menyelesaikan masa studi saya pada tanggal 17 Juli 2018 dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Saya berasal dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Saya merupakan anak pertama dari lima orang bersaudara. Saya termasuk golongan dari keluarga yang kurang mampu. Kurang mampu dalam segi ekonomi untuk membiayai pendidikan saya dan adik-adik saya. Sebelum kuliah, pendidikan saya adalah SMK jurusan Teknik Audio Video (Elektronika) di SMKN 2 Payakumbuh. Ketika SMK saya sudah terbiasa bekerja mencari uang jajan sendiri untuk meringankan beban orangtua. Berbagai macam pekerjaan sudah pernah saya lakukan, salah satunya menjadi pengisi air dan tukang antar-jemput galon di salah satu tempat usaha depot air minum isi ulang di tempat saya tinggal. Pekerjaan ini saya lakukan selepas pulang sekolah setiap hari selama setahun, tepatnya ketika saya masih kelas 3 SMK.
Perjalanan saya mendapatkan Bidikmisi ini diawali ketika guru BK saya mendaftarkan nama saya untuk mendapatkan Bidikmisi. Saya diberikan PIN dan password untuk mendaftar Bidikmisi dan saat itu saya juga mendaftar SNMPTN. Waktu kelulusan sekolah pun tiba dan saya masih menunggu hasil SNMPTN diumumkan. Untuk mengisi waktu setelah tamat sekolah saya bekerja di toko apotek punya tante saya di Perawang. Setelah 10 hari bekerja, guru saya mengabarkan melalui SMS bahwa saya lulus SNMPTN pilihan 1 Sistem Komputer UNAND. Perasaan saya saat itu sangat senang, tapi saya teringat apakah saya lolos Bidikmisi, jika saya tidak lolos Bidikmisi bagaimana cara orangtua saya membiaya kuliah saya. Besoknya saya pulang ke Payakumbuh, dan saya berniat untuk melihat hasil Bidikmisi di website untuk memastikan apakah saya menerima Bidikmisi. Dan akhirnya setelah saya masukan nomor peserta di website, Alhamdulillah saya dinyatakan lolos Bidikmisi.
Selama menjalani masa perkuliahan, banyak pengalaman dan perubahan pola pikir yang saya rasakan. Dimana metode belajar yang kita alami ketika sekolah dan kuliah itu berbeda. Di perkuliahan kita harus bisa yang namanya student centered learning. Ketika kuliah saya akui IP semester 1 sampai 4 tidak pernah mencapai angka 3,00. Tapi dengan tekad yang kuat untuk berubah, akhirnya saya lulus dengan IPK lebih dari 3,25. Saya sangat bersyukur karena saya sudah menyelesaikan masa studi tepat waktu (3 tahun 11 bulan) dan saya diberikan kesempatan menjadi lulusan pertama diangkatan saya. 
Bagi seorang lulusan sarjana baru atau fresh graduate, mencari pekerjaan merupakan tahap berikutnya yang menjadi tantangan untuk menjalani kehidupan. Walaupun banyak dunia usaha yang lebih membutuhkan calon pekerja yang mempunyai pengalaman, tapi bagi seorang fresh graduate masih banyak jalan yang dapat ditempuh dengan melihat peluang-peluang yang ada dan disertai dengan doa dan usaha. Persiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 
Kesuksesan yang saya rasakan pada saat ini adalah saya dapat merasakan kuliah dan menyelesaikan masa studi saya tepat waktu sehingga saya menjadi seorang sarjana walaupun saya dari keluarga kurang mampu. Saya megucapkan terima kasih kepada Bidikmisi yang telah terselenggaranya program ini dengan baik sehingga anak kurang mampu secara ekonomi seperti saya ini bisa merasakan kuliah demi depan yang lebih baik. Terima kasih.
Ikhsan Teguh Hardianto, S.Kom


Identitas Penulis :
Nama : Ikhsan Teguh Hardianto, S.Kom
NIM : 1411511034
Universitas : Universitas Andalas
Email : ikhsan.hardianto18@gmail.com
No HP : 082339803385
Domisili : Kel. Padang Sikabu, Kec. Lamposi Tigo Nagori, Kota Payakumbuh,
                          Sumatera Barat

Author Image

About bidikin
Inspiratif, Berkarya, Bermakna, Peduli

No comments:

Post a Comment